Panen Hoax Ponsel

Hari ini tampaknya menjadi hari panen hoax seputar ponsel. Ada dua kabar bohong mengenai ponsel. Satu berkaitan dengan inframerah. Satunya lagi berkaitan dengan SMS santet. Tentang SMS santet ini bisa dibaca di sini.

Beberapa waktu lalu marak juga hoax seputar Axis, operator baru yang mengusung angka serba enam dalam penarifan layanannya.  Angka-angka ini kemudian diasosiasikan dengan angka 666 yang  merupakan lambang setan atau anti-Kristus. Axis pun sempat kena tuduh merupakan operator dengan gerakan sesat itu. Namun ironisnya, Axis juga dituduh menggunakan hoax itu sebagai alat promosi. Dan mereka membantahnya.

Hanya dalam beberapa selang waktu, hoax merajalela. Hebatnya, semua berkaitan dengan ponsel. Ini menunjukkan kejelian pembuat hoax. Ponsel merupakan peranti teknologis yang kepemilikannya tak pandang strata intelegensia. Mereka yang berpendidikan rendah akan menjadi sasaran empuk bualan dengan istilah-istilah canggih. Wong yang berpendidikan tinggi saja tak sedikit yang termakan.

Penipuan melalui SMS merupakan bentuk lain yang lebih kejam karena mengeruk keuntungan finansial dari berita bohongnya. Entah apa maksud hoax yang sepertinya tak secara langsung memberi keuntungan pada penyebarnya ini. Apa pula yang ada di pikiran pembuatnya? Mungkin memang tak perlu beroleh keuntungan apapun jika dia seorang psikopat. Kepuasan batin mungkin?

(Ilustrasi: http://www.pancoran.com)

5 Responses

  1. Hehe, saya pernah ngalamin itu, Pak. Untung saja dianya grogi waktu saya bilang saya ini polisi berpangkat Letnan, jadi ketahuan deh belangnya. :p

    Oya, ceritanya di sini http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=6668

  2. Hoax memang harus diberantas.

  3. Aku juga baru denger tu!katanya bikin kanker,mungkin maksutnya kantong kering kalo g’ disebarin.

  4. He3 postingannya bgs bgt, br aj kmrn gw dicall sm tmn lama gw, dr kampung, nanyain bner ga yg kye gtoan(sms santet), byangin aj smua anggota kluarganya pd tkut n pd matiin hpnya, he5 ada2 aje

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: