CINA

chinaflag.jpgBeberapa waktu lalu Cina mengumumkan bahwa akan mengendurkan beberapa peraturan untuk pabrikan handset. Hal ini akan membuat pemain-pemain baru bisa muncul dan bersaing dengan merek-merek global di negeri dengan populasi ponsel terbesar di dunia ini.

Ada 186 uji administratif dan persetujuan yang akan dihilangkan yang menyangkut sistem komunikasi dan terminal bergerak. Langkah ini menunjukkan bahwa negeri ini akan secara resmi menarik uji kelayakan untuk lisensi dan sistem persetujuan produksi ponsel yang diatur sejak satu dasawarsa lalu.

Peraturan itu mengharuskan bahwa perusahaan Cina yang ingin membangun pabrik ponsel harus memiliki modal sebesar 200 juta yuan atau sekitar 26,31 juta US dollar dan mendapat persetujuan dari National Development and Reform Commission (NDRC). Kemudian, jika ingin menjual ponsel ke Cina, perusahaan tersebut harus lulus uji kualitas dan mendapat ijin dari Ministry of Information Industry (MII).

Sekarang dengan peraturan yang berubah, National Development and Reform Commission (NDRC) tidak lagi terlibat dalam proses dan pembuat ponsel dapat menjual ponselnya segera setalh lulus uji MII.

“Dienyahkannya NDRC menunjukkan bahwa pemerintah berniat untuk menciptakan lingkungan industri yang berorientasi pasar,” tutur Kevin Wang, analis dari iSuppli, sebuah perusahaan riset dari Amerika Serikat.

Cina telah mengijinkan 90 perusahaan untuk membuat ponsel dengan kapasitas produksi per tahun 600 juta unit. 50 persen lebih banyak dari yang diserap pasar (yaitu 100 juta unit) dan yang dilempar ke pasar luar negeri (yang berjumlah 300 juta unit). Demikian menurut MII.

“Suplai yang berlebih itu sudah terjadi sejak lama dan bukan merupakan akibat dari peraturan pemerintah itu,” tutur United Securities Co.

Sekarang ini saatnya untuk melihat hukum pasar bekerja dan melihat pemain-pemain baru mengantikan posisi pasar yang diduduki oleh perusahaan-perusahaan mapan yang bergantung penuh pada pendapatan dari menyewakan lisensinya ke perusahaan lain. Demikian United Securities Co.

Pemain-pemain baru, yang tidak dikenal oleh pemain, yang umumnya tidak dikenal oleh para pemain gede, telah mengungguli perusahaan-perusahaan gede domestik lainnya seperti Ningbo Bird dan TCL Communications. Misalnya adalah Tiangyu, sebuah perusahaan pembuat handset di Beijing. Perusahaan ini diperkirakan menjual 13 ribu unit ponsel di tahun 2007. Ini merupakan pertumbuhan 113 persen dibanding tahun lalu sehingga menempatkannya ke dalam tiga besar pembuat OEM (Original Equipment Manufacturer). Sementara Ningbo Bird yang ada di posisi OEM pertama tahun 2006, diperkirakan hanya menjual 12,5 juta unit tahun 2007 lalu dan berada pada posisi ke empat, di belakang Tianyu. Demikian menurut perusahaan riset iSuplli.

“Tianyu menggunakan metode promosi yang besar-besaran di kota-kota kecil dengan menawarkan komisi yang besar untuk para pedagang. Ini yang susah ditandingi perusahaan lain,” tutur seorang pejabat Nokia di Cina. Pejabat itu juga mengakui bahwa penjualan mereka terpengaruh oleh merek-merek baru seperti Tianyu di pasar lapis kedua dan ketiga.

Sedang posisi pertama dan kedua diduduki oleh ZTE dan Huawei. ZTE diperkirakan dapat menjual 23 juta ponsel pada tahun 2007, merupakan pertumbuhan 215,1 persen dari tahun sebelumnya.

Dengan mengendurnya regulasi tersebut, banyak merek-merek luar seperti RIM, HP, dan Palm, bersiap meningkatkan penetrasinya ke pasar lokal.

***

Tulisan di atas diterjemahkan dari Beijing Time 26 Oktober 2007. kita bisa melihat betapa semua sektor industri di Cina bergerak serempak menggerakkan roda pertumbuhan ekonomi. Dengan penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas 08-08-08 di sana, Cina akan makin menunjukkan taringnya sebagai naga ekonomi-politik-budaya yang kuat di dunia.

Sedang kita masih tertatih-tatih mengurus peningkatan produksi kedelai lokal. Tapi semoga dengan itu, hidup para petani lebih terangkat tarafnya. Dan dapat selalu tersinyali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: