Tukang Sinyal Menangi XL Award 2007

xlaward.pngJakarta, 22 November 2007 – PT. Excelcomindo Pratama Tbk. (XL) hari ini mengumumkan pemenang lomba karya tulis dan foto nasional, XL Award Writing and Photo Competition 2007 yang diikuti oleh masyarakat umum dan wartawan. Ajang ini merupakan kegiatan rutin tahunan dan tahun ini memasuki penyelenggaraan kelima. Seperti pada penyelenggaraan XL Award di tahun-tahun sebelumnya, XL melibatkan para pakar dan pemerhati industri telekomunikasi Indonesia serta praktisi di bidang fotografi untuk menjadi dewan juri baik pada kategori karya tulis maupun foto.

”Tujuan penyelenggaraan XL Award adalah untuk menyediakan fasilitas bagi masyarakat umum dan wartawan untuk menyampaikan sumbang saran berupa ide, gagasan, kritik, opini, maupun konsep yang berkaitan dengan telekomunikasi sehingga diharapkan mampu menjadi masukan yang berharga bagi perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia,” ujar Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL.

Pada penyelenggaraan XL Award 2007, panitia berhasil menjaring sebanyak 217 peserta kategori karya tulis dan 226 peserta kategori foto yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. “Peserta kategori karya tulis untuk masyarakat umum tercatat mengalami peningkatan paling signifikan, yaitu 112 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun ini, jumlah peserta dari daerah-daerah di luar Pulau Jawa seperti dari Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi juga mengalami peningkatan. “Peningkatan jumlah peserta dan semakin meluasnya daerah asal peserta menunjukkan semakin besarnya minat dan perhatian masyarakat serta semakin menyebarnya tingkat perhatian masyarakat terhadap perkembangan industri telekomunikasi Indonesia,” kata Myra Junor, General Manager Corporate Communications XL selaku Ketua Panitia XL Award 2007.

Dewan juri untuk lomba karya tulis yang terdiri pakar teknologi telematika Dr. Ir. Budi Raharjo, Ketua Masyarakat Telematika Indonesia Ir. Maswigrantoro, dan konsultan serta pakar di bidang perencanaan dan pengembangan teknologi informasi Dr. Ir. Richardus Eko Indradjit, M.sc., MBA dalam ulasan mereka menyatakan bahwa secara keseluruhan karya tulis yang diikutsertakan dalam XL Award 2007 mampu memunculkan opini-opini segar yang menyoroti perkembangan industri telekomunikasi Indonesia.

“Tahun ini banyak diwarnai oleh tulisan-tulisan yang mengacu kepada perilaku industri telekomunikasi beserta manfaat yang didapat oleh masyarakat umum sehubungan dengan adanya regulasi dan kebijakan pemerintah, persaingan bisnis antar pelaku industri, hingga tingkat kebutuhan konsumen serta potensi pengembangan telekomunikasi bagi peningkatan taraf hidup masyarakat Indonesia. Kami juga menemukan adanya peningkatan pada sisi kualitas dan teknis penulisan peserta. Ini terlihat dari kedalaman konten, banyaknya referensi serta penggunaan data-data sekunder untuk menguatkan opini, serta gaya penyampaian yang lugas dan mudah dipahami. Topik-topik serta permasalahan yang diangkat juga cukup beragam. Tidak semata-mata tentang masalah pertumbuhan yang dicapai oleh industri ini, melainkan juga penyelesaian masalah-masalah sosial yang berpotensi untuk direalisasikan, seperti pemberdayaan perempuan pedesaan sebagai dampak positif dari pendayagunaan kemajuan dunia telekomunikasi,” ujar Ir. Maswigrantoro selaku Ketua Dewan Juri Karya Tulis.

Peningkatan dari sisi kualitas karya serta saratnya ide-ide segar, khususnya yang berkaitan dengan manfaat pengembangan industri telekomunikasi terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat disambut positif oleh Hasnul Suhaimi. “Ide-ide serta berbagai gagasan lain yang muncul pada tulisan hasil karya para peserta sungguh memberikan pencerahan bagi kami. Gagasan-gagasan cemerlang seperti pemberdayaan perempuan khususnya di daerah terpencil memacu kami untuk semakin mewujudkan komitmen dalam memperluaskan jangkauan. Dengan semakin luasnya jangkauan XL, semakin terbuka pula kesempatan kami untuk mengimplementasikan program-program yang dapat membantu meningkatkan akses komunikasi masyarakat yang bermuara pada peningkatan pemberdayaan masyarakat.”

Untuk kategori lomba foto, dewan juri yang terdiri dari Kepala Galeri Foto Antara Oscar Motulloh, wartawan foto Tempo Rully Kesuma dan fotografer profesional Firman Ichsan menyatakan bahwa karya foto tahun ini menghadirkan angle yang cukup beragam. “Foto-foto pemenang XL AWARD 2007 adalah foto-foto yang mengangkat tema human interest, komunikatif dan mampu bercerita sesuai tema yang dipilih. Foto-foto tersebut juga tidak menonjolkan telekomunikasi sebagai alat, namun sudah sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari,” ujar Oscar Motulloh.

Penyelenggaraan XL AWARD 2007 didukung oleh Hewlett-Packard (HP) Indonesia. “HP sebagai salah satu pelaku industri teknologi informasi terkemuka berkomitmen untuk mendukung adanya kegiatan-kegiatan yang mampu memberikan sumbangan yang berarti bagi perkembangan industri TI serta manfaatnya bagi masyarakat. Kami melihat XL AWARD sebagai upaya konsisten XL dalam memfasilitasi masyarakat umum dan wartawan untuk turut serta memberikan kontribusi bagi perkembangan industri ini. HP juga melakukan kegiatan serupa dan melihat adanya persamaan visi-misi penyelenggaraan antara yang dilakukan oleh XL dan HP. Sehingga sudah sepantasnya apabila HP memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan XL AWARD,” ujar Mariana Kasim, Marketing Director Imaging Printing & Personal Systems Group HP Indonesia.

Pemenang lomba karya tulis dan foto, untuk kategori Umum dan Wartawan, masing-masing akan mendapatkan penghargaan berupa uang tunai senilai Rp. 18.000.000,- untuk pemenang pertama, Rp 13.000.000,- untuk pemenang kedua dan Rp. 8.000.000,- untuk pemenang ketiga. Seluruh pemenang juga akan memperoleh trofi XL AWARD serta hadiah hiburan dari Hewlett-Packard dan XL.

Pemenang XL Writing Competition 2007

Kategori Wartawan
JUARA I : FX. Bambang Irawan, Tabloid Sinyal
Judul: Regulasi Tiga Nabi, “ Posisi Wuenak” Operator, dan Tarif Seluler Murah.

JUARA II : E.Ari Astuti, Majalah e-Indonesia
Judul : E-Money, Inovasi Alat Pembayaran

JUARA III : Chandra Wirawan, Majalah Telematika
Judul : Layanan SMS Center Merambah Pemerintah Daerah

Kategori Umum
JUARA I : Rahmat Akbar, Cijantung – Jakarta
http://kalampencerahan.blogspot.com
Judul : Ketika Ruang dan Waktu Telah Tercerabut; Peran Strategis Operator Seluler dalam Mewujudkan Masyarakat Berkelimpahan.

JUARA II : Udin Wiratno, Wawan Dhewanto, Irwan Fahrudin
http://udin_wiratno.blogs.friendster.com
Judul : Menghadapi Persaingan Pada Industri Telepon Seluler; Restrukturisasi Nilai Berdasarkan Consumer Insight Sebagai Solusi untuk Menghindari Price War pada Industri Seluler di Indonesia.

JUARA III : Ubaidillah Nugraha, Cilandak-Jakarta
http://ubaidillahnugraha.wordpress.com
Judul : Muhammad Yunus, Phone Lady dan Percepatan Ketertinggalan di Malangbong, Garut
Pemenang XL Photo Competition 2007

Kategori Wartawan
JUARA I : Wawan H. Prabowo, Kompas DIY
Judul Foto : Silaturahmi via Handphone

JUARA II : Arie Basuki, Koran Tempo
Judul Foto : Telepon Mudik

JUARA III : Astra Bonardo, Seputar Indonesia
Judul Foto : Perang Tarif

Kategori Umum
JUARA I : Yamtono , Duren Sawit – Jakarta
Judul Foto: Telepon dari Kota
Blog : http://www.fotografer.net
JUARA II : Stephanus Hannie, Semarang
Judul Foto : Halo opa..
Blog : http://stephanushannie.multiply.com
JUARA III : Agus Wahyudi, Tangerang
Judul Foto : Jangkauan Luas Visual Terekam
Blog : www.aguswahyudi.com

2 Responses

  1. cieh cieh… berkat di penghujung tahun nih. mas, mas, kok pemenangnya mirip sama glenn fredly yak? efek topi ya… ;))

  2. Hello Mas Bambang,

    Saya baru longok blognya neh….
    Saya Chandra yg Juara III…
    Karena kegirangan nyabet juara, saya jadi gak sempat berbincang2 hehehe. Kalo gitu salam perkenalannya lewat sini saja ya…

    Salam,

    Chandra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: