Ngeblog Lewat Ponsel

[dari ponsel, GPRS, lapangan futsal]

wordpress-mobile-logo.jpgIni jamannya orang awam mendokumentasikan serpihan pemikiran. Baik untuk keperluan pribadi maupun sengaja dibiarkan dibaca umum. Dan Internet menyediakan kesempatan luas untuk menyimpan dan menyebarluaskan. Blog mengemasnya dalam rupa yang cantik dan mudah dikelola. Mudah, cepat, apik.

Ditambah dengan kemudahan untuk bisa berinternet di ponsel, maka keleluasaan membuat orang makin menjadi-jadi dalam mengeblog-ria.

Dan inilah saya, sedang Blogging, mengetik beberapa kata di ponsel, untuk Blog ini. Tak ubahnya seperti ketika saya Blogging di komputer. Nanti akan saya lanjutkan lagi di kantor. Sekarang sebaiknya di-publish dulu deh…

***

[dari komputer, ISDN, kantor] 

Nah, sekarang kegiatan asyik ini saya teruskan di komputer di kantor. Memang lebih nyaman berkat dukungan layar yang lebih lebar dan keyboard yang standar. Namun, bisa ngeblog lewat ponsel adalah sebuah sensasi unik. Seperti pewarta yang sedang mengabarkan berita ke seluruh penjuru dunia dari medan perang dengan desingan peluru beterbangan di sekitarnya.

Pernah ada cerita tentang seorang blogger yang tewas sesaat setelah mem-posting tulisannya tentang tiga orang tamu di rumahnya. Salah satu tamu tersebut adalah mantan pacar salah seorang saudaranya. Kemudian ternyata tamu tersebutlah yang menghabisi blogger tersebut bersama anggota keluarga lainnya. Dan Blog berisi tulisan akan identitas tamu menjelang kematian tersebut menjadi petunjuk yang gurih bagi polisi untuk membekuk pelaku.

Jurnalisme oleh warga negara biasa –yang bukan berprofesi jurnalis– menemukan jalannya pada Blog dan bentuk-bentuk plaform Web 2.0 lainnya. Orang jadi tergugah untuk mengekspresikan opini dan pengalaman kesemenitannya dengan berbagai media yang menyambungkan mereka dengan Internet. Ponsel berperan menghipnotis blogger untuk makin dalam, makin dalam, dan makin dalam lagi, terlibat karena bisa dilakukan setiap saat.

(Nah, dari komputer di kantor ini saya harus mundur lagi dulu untuk sementara karena seorang temen yang sudah kehilangan nafsu makannya selama tiga hari sedang ngidam makan pempek sederhana di perempatan sebelah. Dengan moblogging, saya bisa menemani sambil tetap “bekerja” hehehe… Saya akan back to moblogging dari kedai pempek, see you!)

***

[dari ponsel, GPRS, warung pempek]

Pempeknya mak nyuss..

(Maaf, cuma secuil itu postingan saya. Bukan mobilitas yang membuat saya postless alias ngga berdaya untuk posting kali ini… Melainkan pempeknya memang enak dan ngomongin boss juga enak hehe… Ketemu lagi nanti di laptop dari kamar kos yaaa…)

***

(dari laptop, GPRS, kamar kos)

Blogging lewat ponsel makin mudah akibat dua arus yang bertemu sekaligus. Dari suatu arah, teknologi ponsel untuk bisa mendayagunakan Internet main canggih. Fitur yang disertakan pada browser dalam ponsel makin kapabel. Bandwidth untuk koneksi dari ponsel ke Internet makin besar. Akibatnya, berbagai fasilitas yang ditawarkan layanan blogging dapat dengan mudah diakses. Selain itu aplikasi-aplikasi khusus untuk ngeblog di ponsel juga ditawarkan sebagai daya tarik ponsel. Nokia punya LifeBlog, dan juga bekerjasama dengan Flickr untuk photoblogging. Motorola kabarnya sedang menyiapkan ShoZou dalam ponsel-ponsel yang akan dikeluarkannya. Samsung, Sony Ericsson, LG, dan vendor-vendor lain juga telah bersiap-siap. Bahkan siap juga menyegmenkan ponselnya secara khusus untuk kegiatan berblog, seperti ditawarkan oleh Samsung dengan ponsel SGH-L760-nya. Ponsel ini kompatibel dengan platform Ublog dan Buzznet. PalmOS memiliki mo:blog.

Sedang dari arah lain, penyedia layanan dan hosting blog juga memudahkan penggunanya untuk mengelola blognya dengan fasilitas khusus. WordPress, misalnya, yang merupakan salah satu layanan blog kondang saat ini, menyediakan alamat akses khusus untuk pengguna mobile, yaitu http://m.wordpress.com. Blogger mempersilakan penggunanya untuk mengirim email atau SMS ke go@blogger.com dan nanti akan dinaikkan ke situs mobile yang dikelola pengguna.

***

 (dari laptop, GPRS, 430km dr kantor)

Sementara itu, ada pula situs-situs “indie” yang memang mendedikasikan diri untuk blogger yang sepenuh hati memblog lewat peranti mobile. Misalnya: Buzznet, MoBlogger, WapBlog, Text America, Flickr, Earthcam, Winksite, dan lain-lain (alamat situsnya tinggal menambahkan “www.” di depan dan “.com” di belakan nama-nama tersebut). Sayangnya, gaung situs-situs ini kurang populer  dibanding saudara-saudaranya yang berbasis Internet. Moga-moga seiring perkembangan mobile blogging, nanti mereka makin sejajar dengan Blogspot atau WordPress.

Baik, nanti kita akan sambung lagi dengan praktik blogging lewat ponsel melalui akses khusus yang disediakan oleh WordPress. Nanti akan saya lakukan sembari traveling. OK?

***

[dari ponsel, GPRS, kereta api yang melaju selepas Wates, Jogjakarta]

WordPress memang oke, membuat blogging melalui peranti mobile jadi lebih mudah.
Demikianlah “petualangan” blogging saya kali ini, berpindah-pindah lokasi dan peranti, sekadar ingin menggambarkan sensasi kemudahan blogging melalui ponsel.

[F.X. Bambang Irawan]

2 Responses

  1. [OOT]

    Halo Dab Sinyal,
    Terima kasih suratku termuat dalam Surat Pembaca edisi 26.
    Aku tidak ada maksud untuk memojokkan siapapun. Di sini terbukti bahwa tujuan kita – dan semua orang- sama. Yaitu ingin menjadikan Indonesia lebih baik lagi dalam hal apapun. Sekarang tinggal bagaimana kita mewujudkan cita2 itu.
    Kita bangun kekuatan bersama. Buat temen2 yang punya ilmu, sumbangkanlah ilmunya. Buat temen2 yang punya modal, sumbangkanlah modalnya. Buat temen2 yang punya …, sumbangkanlah …nya. Artinya, semua bisa terlibat di sini. Sebetulnya kita bisa, cuma kurang kompak aja.
    Maju terus Sinyal!

    NB:
    blognya kok jarang di update si

  2. wah, saya baru tahu kalo ada wordpress.com gadget di alamat http://m.wordpress.com

    makasih makasih infonya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: