iPhone

tajuk20-iphone.jpgMenurut analis David Bailey, sekitar 700 ribu unit iPhone habis disikat pembeli hanya dalam dua hari penjualan di seluruh Amerika Serikat. Menurut analis dari Goldman Sachs Inc. itu, jumlah tersebut dua kali lipat di atas perkiraannya yang hanya mencapai 350 ribu unit. Analis lain seperti Gene Munster dari Piper Jaffray menyebut penjualan mencapai 500 ribu unit, juga jauh dari perkiraannya yang hanya mencapai 200 ribu unit.

Bill Shope, peneliti dari J.P. Morgan Securities Inc. mengatakan bahwa penjualan mungkin telah mencapai 312 ribu beberapa hari setelah diluncurkan pada 29 Juni lalu. Sedang analis dari American Technology Research, Shaw Wu, menyatakan bahwa penjualan mungkin mencapai 250 ribu, lima kali lipat dari perkiraan konservatifnya yang 50 ribu.

Lebih dari sepertiga dari seluruh toko Apple (pembuat iPhone) yang berjumlah 164 buah kehabisan stok pada Minggu malam. Maka orang lalu berbondong-bondong menyerbu AT&T yang merupakan operator yang diberi hak eksklusif untuk mejual iPhone secara paket. Di gerai-gerai AT&T yang berjumlah 1800 buah pun kehabisan persediaan hanya dalam 24 jam.

“Ini adalah peluncuran handheld yang sangat sukses. Kan terlihat lagi seberapa suksesnya nanti pada tahun 2008 dan 2009. pada 2009, kami memperkirakan sepertiga penjualan dari Apple akan berasal dari iPhone.”

Chief Executive Officer Apple, Steve Jobs, berani menargetkan untuk menjual 10 juta unit iPhone pada tahun 2008, yang berarti memangsa 1% pasar ponsel di dunia. Ia berharap ponsel akan terjual 1 milyar di seluruh dunia tahun depan, atau hampir empat kali lipat jumlah komputer yang terjual.

Apakah target Jobs akan berhasil? Ya, terutama setelah meluncurkan versi baru iPhone tahun depan, demikian analis Benjamin Reitzes dari UBS AG.

 

***

 

Ternyata bukan hanya di Indonesia saja ponsel diantre bak kacang goreng. Beberapa pekan lalu kita baru saja menyaksikan antrean pembelian Nokia E90 Communicator sejak dini hari di Jakarta. Akhir Juni spekulasi peluncuran iPhone diakhiri dengan penjualan perdana di Amerika.

Memang E90 beda dengan iPhone. Skala kerinduan iPhone tidak hanya mendemami Indonesia, seluruh dunia sudah panas dingin ingin ikut mencicipinya. Namun keduanya sama dalam soal keberhasilan menjadikan ponsel sebagai bagian dari pernyataan gaya hidup. E90 dengan citra statusnya, iPhone dengan citra desainnya yang Apple banget.

Steve Jobs tahu betul bagaimana menjual peranti yang tiap unitnya dibandrol seharga US$499 (untuk kapasitas memori 4GB) dan US$599 (untuk 8GB). Semua analis yakin akan kemampuannya menjual lebih banyak unit tahun-tahun mendatang. Ini seiring juga dengan harapan besar terhadap pasar ponsel di tahun-tahun mendatang.

[Tajuk Tabloid Sinyal edisi 20/III, 12-25 Juli 2007]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: