Hack dan Kewajiban iPhone

iphoneinterface.jpgSemakin tinggi pohon, semakin kencang angin meniupnya. Semakin ngetop iPhone, semakin deras nafsu untuk meg-hack-nya. Hanya butuh waktu 3 hari saja, maka iPhone bisa di-hack. Hasilnya adalah password di master root bisa dibaca.

Bagaimana caranya? Hacker tersebut me-rename restore image yang merupakan file bawaan iPhone dengan memberi ekstensi zip dan kemudian diekstrak. File tersebut berisi dua disk image .dmg, yaitu image dari sistem yang terenkripsi dengan password dan image pengguna yang tidak terenkripsi. Dengan mengoprek image yang tak terenkripsi itu maka sang hacker bisa menemukan bahwa semua ponsel iPhone dipasarkan dengan password yang telah ditentukan sebelumnya di account mobile dan root. Yang terakhir ini adalah merupakan nama account administrasi tersembunyi pada sistem berbasis UNIX.

Sang hacker kemudian menggunakan program UNIX sederhana, yaitu string untuk mengekstrak sederet string karakter yang bisa dipahami manusia, dari image disk tersebut. Isinya adalah sederet account pengguna dan daftar password yang terenkripsi masing-masing (sama dengan file /etc/passwd pada sistem UNIX atau Linux). Lantas penemuan ini diumumkan ke milis Full Disclosure agar ada yang bisa menjalankan peranti penguak password populer John the Ripper pada password yang terenkripsi tadi. Hanya butuh 60 detik bagi posting itu untuk mendapatkan jawaban sekaligus menguak misteri kedua password tersebut, yaitu berupa kata yang terdiri dari enam karakter dalam huruf kecil (lower case).

Selain itu masih ada pula jenis lain hacking terhadap iPhone:

Bayar Bulanan. Langganan dua tahunan ke AT&T bisa diakali sehingga cukup bayar bulanan saja. caranya adalah dengan mendaftar menggunakan nomor jaminan sosial 999-99-9999. Pada tahap pengecekan kredit, tolak dan pilih plan GoPhone. Tarifnya memang menjadi lebih mahal sedikit, namun enaknyaa bisa bayar bulanan.

Mode iPod Doang. Saking menantangnya iPhone, hacker bahkan sudah dianggap berhasil ketika sukses mengoprek iPhone sehingga bisa dimanfaatkan haya sebagai iPod ber-WiFi. Seorang hacker bernama DVD John membuat fungsi itu bekerja tanpa harus melakukan aktivasi melalui iTunes yang ada dalam ponsel. Yang dibutuhkan adalah menginstal Phone Activation Server v1.0 (pada Windows), editing pada iTunes 7.3, dan instalasi MS .NET Framework 2.0.

Atau bisa juga dimasukkan SIM card yang tak aktif dan iPhone akan berfungsi sebagai iPod berWiFi yang bisa digunakan untuk mengakses Internet melalui perangkat lunak Mail dan Safari yang ada di dalamnya.

Mengintip Struktur File. Ada laporan dari TUAW yang mengatakan bahwa para hacker yang ngumpul di sebuah channel IRC telah mengembangkan sebuah tool untuk Windows dan Mac bernama iPhoneInterface. Peranti ini memungkinkan penggunanya memanipulasi status iPhone, menjalankan sebuah layanan, dan berinteraksi dengan sistem file-nya. Setelah itu maka pengguna akan bisa men-scan sturktur file, membuat dan menghapus folder, menggunakan servis iPhone, dan sebagainya.

Ada kabar bahwa pada waktu tulisan ini dikerjakan, di Roxy sudah beredar iPhone, meski masih dalam versi yang belum bisa di-unlock. Harganya pun melangit, konon sampai 15 juta rupiah.

Namun, saya yakin, bahwa dalam waktu tak lama lagi, semua hacker internasional itu akan kalah dengan dengan Hacker van Roxy, seperti yang selama ini terjadi. Tak lama lagi, iPhone yang sudah di-unlock, saya yakin akan segera beredar. Dan seperti biasa, harga bukan menjadi penghalang bagi mereka yang selalu mengejar status sebagai first adopter.

Tak masalah merogoh 15 juta perak dari kocek untuk mendapatkan belalakan mata dan desah “wow!” dari teman-teman dekatnya.

Tinggal sekarang yang repot adalah para engineer di Apple untuk segera mengeluarkan patch atau fixes untuk membuat hati penggunanya tetap tentram. Itu kewajiban mereka kalau mau tetap bersikukuh menjual secara terikat dengan operator tertentu macam AT&T.

(F.X. Bambang Irawan)

One Response

  1. kayak nya … aku gak jadi deh belinya….. mending pake phone biasa aja, mudah akses and flexisibel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: