gPhone

tajuk24-gphone.jpgGoogle beraksi kembali. Meski para pejabat perusahaan itu masih membantah, gPhone yang lama digosipkan itu sepertinya segera tiba.

gPhone adalah julukan yang diberikan orang untuk ponsel yang konon sedang dikembangkan Google (merujuk pada iPhone yang dikembangkan “anak baru dalam industri ponsel”, Apple). Menurut sebuah sumber yang dituturkan kepada The Wall Street Journal edisi 2 Agustus 2007, Google telah menginvestasikan jutaan dollar AS dalam projek ponsel tersebut dan bekerjasama dengan operator AS seperti T-Mobile dan Verizon Wireless. Rencananya, pembuatan handset akan diserahkan kepada beberapa pabrik.

 
Seorang jurubicara Google menolak mengomentari gossip itu, namun membenarkan bahwa: “Kami sedang bekerjasama dengan semua operator dan pabrikan untuk memasukkan aplikasi Google Search dan aplikasi lainnya ke dalam peranti dan jaringan mereka.”

gPhone akan dijual mulai tahun  depan. Dan, tau enggak? Nantinya, kabarnya Google akan menggratiskan ponselnya itu. Lho? Ya, sebagai gantinya, pengguna harus menikmati iklan pada ponselnya tersebut. Google memang terkenal sebagai kampiun periklanan lewat Internet. Pundi-pundinya yang menggembung dan banyak digunakan untuk berbelanja membeli perusahaan-perusahaan kecil akhir-akhir ini sebagian besar bersumber dari pendapatan iklannya.

 

Perusahaan ini memang sudah menyiratkan tekadnya untuk mengembangkan peranti lunak dan periklanan untuk industri ponsel. “Yang menarik dari iklan di ponse adalah bahwa untungnya bisa dua kali lipat dibandingkan iklan dalam media lain. Ini karena sifatnya yang lebih personal,’ tutur Chief Executive Google, Eric Schmidt, pada konferensi All Things Digital bulan Mei lalu.

 

Menurut lembaga riset eMarketer, tahun lalu, belanja iklan secara global untuk iklan di ponsel, termasuk penepatan iklan dalam SMS, halaman Web, video dan konten lain, hanya 1,5 milyar dollar AS. Namun, angka ini diprojeksikan akan tumbuh sampai US$14 milyar pada tahun 2011.

 

Selain dengan skenario iklan itu, Google tampaknya bukan main-main lagi. Mereka telah mengumumkan bahwa mereka mungkin akan ikut serta dalam lelang lisensi frekuensi –konon katanya 700MHz– yang diselenggarakan pemerintah, dalam hal ini, Federal Communications Commission. Jika hal ini benar, dan Google menang lelang itu, maka Google juga akan sekaligus menjadi operator.

Begitu bersemangatnya Google, dan sebenarnya banyak perusahaan lain, dalam mengejar revenue dari industri ponsel. Giuran potensinya mampu mengundang jenius-jenius bisnis elit di planet bumi ini untuk mengadu peruntungan dan visi bisnis mereka. 

[Tajuk Tabloid Sinyal ed 24/III, 6-19 September 2007]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: