XL-E220

e220-kontras1.pngAkhirnya dapet juga pinjeman data card dari Mbak Arum Prasodjo, PR XL yang kalau sudah nyanyi akan bikin orang termehek-mehek (sambil berharap dia mau nyanyi lagi pas ngemsi di acara-acara XL). Pertama buka tas plastik yang membungkusnya, agak kaget, kirain dia iseng ngirim film DVD. Habis, kemasannya mirip boks untuk DVD original. Menarik.
Kemasannya masih segelan utuh (ngambil dari gudang langsung kayanya :p), jadi awalnya merasa sayang untuk merusak segelnya. Walaupun akhirnya toh harus dibuka oleh sebab karena because, seperti kata-kata teman-teman di laboratorium kantor: “demi ilmu pengetahuan”.

Di kiri atas sampul depan tertera logo XL dengan tambahan tagline “3G Ready”. Lalu di bawahnya agak ke kanan ada kecapan: Mobile data connection at indredible speed. Arti ngawurnya kurang lebih: koneksi data secara mobile yang “nggegirisi” alias mencengangkan. Tidak percaya? Baca di pojok kiri bawah, di situ terdapat keterangan teknis yang berbunyi: XL-E220, 3G HSDPA/UMTS USB Modem. Dengan tambahan: Maximum Speed 3.6Mbps.

Vista
Ada dua komputer di meja kantor. Sebuah PC desktop yang karena sudah terlalu banyak menanggung duka lara diinstali berbagai program dan disimpani data, akhirnya menjadi sering meleletkan diri sebagai tanda protes. Di sampingnya, ada laptop pribadi dengan spek kelas menengah yang sudah diinstali Windows Vista. Setelah mengingat dan seterusnya, menimbang dan seterusnya (emang tukang sayur, pakai timbangan?) bahwa makhluk data card ini lebih afdal dipasang di laptop, maka tanpa bu-ba-bi lagi, saya tancapkan kabel USB yang sudah tersambung ke unit data card alias modem USB bikinan Huawei yang bentuknya putih mulus dan mungil ini.

Tancap. Hardware baru dikenali, driver diinstal. Sambil nunggu, tangan kanan meraih mug berisi coklat panas SwissMiss with Marshmallow (kebetulan AC sedang dalam kendali saya sehingga bisa distel pol dingin buat tambahan amosfer agar mencapai puncak kenikmatan minum coklat panas :D), tangan kiri meraih buku panduan instalasi yang termaktub di dalam “kotak DVD” tadi itu. Tak lama, instalasi sepertinya selesai. Hmm.. Kok tidak muncul ikon shortcut “XL 3G Ready” seperti yang ditunjukkan pada buku panduan?

Kucari-cari sampai ke sudut-sudut menu di laptop bermerk NEC dengan seri L2100 ini, tak bersua jua dengan si ikon itu. Wah, kayanya instalasi belum sempurna nih. Kucari-cari di Control Panel bagian Hardware Sound, terus ke Device Manager. Eitts, sebentar… Kok kayanya jadi terlalu teknis banget yak? Membosankan yak? Padahal bagian ini hanya akan menunjukkan bahwa saya bego dan kurang teliti membaca buku panduan.

Kalau teliti, maka buku itu sudah mewanti-wanti bahwa instalasi ini hanya berlaku buat Windows XP dan Windows 2000. Jadi Vista belum didukung. Bahkan pada Vista ini, fungsi lain data card XL-E220 sebagai USB Storage tidak terbaca. Jadi kita tidak bisa instal secara manual dari file Setup yang disimpan di dalam USB Storage itu.

Sebenarnya ada update untuk firmware E220 agar dapat digunakan pada Windows Vista. Malah operator “sebelah” menyediakan file untuk kepentingan itu. Dari hasil googling, juga banyak terdapat situs yang menyediakan update sekaligus trik untuk melakukannya. Triknya adalah bahwa update harus dilakukan di komputer ber-Windows XP. Tapi memang agak rumit, karena setelah berhasil update pun ternyata saya masih kesulitan.

Mulus
Baiklah, mari kita coba instal ke komputer dengan Windows XP dulu. Oleh Mbak Arum, saya dipinjami sebuah Kartu Xplor yang sudah 3G Ready. Baik banget sih Mbak Arum :p. Sip dah! Meskipun saya juga sudah siap dengan kartu XL Corporate yang Unlimited untuk diselipkan di slot SIM Card yang terdapat pada sisi samping E220.

Langkah pertama menurut manual adalah tancapkan E220 ke komputer dengan perantaraan kabel USB-mini USB yang disediakan. Eh, ada juga kabel yang bagian USB-nya bercabang, sepertinya bertujuan untuk menambah daya (BYKS, Betulkan Ya Kalo Salah). OK, mari kita tancapkan. Cap!

Instalasi berlangsung mulus. Kita tinggal bengong saja menyaksikan dia bekerja secara “autorun” menginstal semua driver sendiri. Tau-tau, sebuah aplikasi kecil yang dinamai Dashboard terhidang. Dashboard inilah yang merupakan papan menu yang siap kita gunakan untuk memanfaatkan fitur-fitur XL-E220 ini. Di situ ada Connect/Disconnect, Browser, SMS, dan Contact. Memang SMS dan Kontak bisa kita kelola dari Dashboard ini juga.

Tentu saja pilihan pertama adalah memencet tombol virtual Connect yang berubah menguning tanda siap untuk digunakan. Klik. Dan tak butuh waktu lama buat terkoneksi. Panel-panel di bagian bawah segera menunjukkan indikator-indikator, antara lain: Network (yang tersisi dengan lambang sinyal dan tulisan 3G), Operator (yang terisi dengan XL), Duration (menunjukkan waktu sejak terhubung), dan Volume (menunjukkan jumlah data yang ditransfer).

Terhubunglah sudah saya ke Internet. Browsing, yiuk… Pengen ngerasain 3G yang ngebut itu. Eh, tapi ada baiknya dicek dulu kecepatannya. Maka berkunjunglah saya ke www.sijiwae.net.id/speedtest. Dari situs ini saya mendapatkan data kecepatan koneksi saya. Tertulis di situ bahwa “Kecepatan koneksi 93Kbps atau 11,63Kbytes/second”. Angka kedua menunjukkan kecepatan maksimal untuk download.

Memang tak bisa kita langsung menagih janji kecepatan 3,6Mbps itu secara serta merta. Banyak parameter yang harus dipenuhi untuk sampai ke sana (hiks!). Waktu koneksi, lokasi dan jarak dengan BTS, merupakan parameter-parameter menentukan. Lagian, klaim itu kan kecepatan maksimal.

Poin penting dari alat ini adalah dalam soal mulusnya ketika diinstal dan digunakan. Ini penting untuk memikat pengguna laptop yang kadang harus repot memasangkannya dengan ponsel Bluetooth sebagai modem.

Browsing terus sampai gempor ah… *sambil buka se-sachet coklat lagi*

(F.X. Bambang Irawan, Tabloid Sinyal edisi 16, Mei 2007)

6 Responses

  1. Thanks utk infonya!
    Tadinya saya sdh mau apply utk beli barang mungil ini.., tp trnyt blm compatible dg Win.Vista ! sdgkn notebook saya ter-install Win. Vista.
    gak jadi deh beli.
    sementara numpang ke hot-spot dulu deh klo mau browsing…

  2. Kapan yah Huwswei E220 dapat jalan under Windows Vista? Please inform jika sudah bisa. Thks and rgds.

    Suharto

  3. Firmware dan Dashboard yang di install pada Modem Huwawei E220 dibuat pada saat Windows Vista belum ada. Agar modem XL-E220, 3G HSDPA/UMTS USB dapat dijalankan pada Windows Vista maka Firmware dan Dasboard yang ada pada modem XL-E220 harus diupdate agar compatible dengan Windows Vista. Ada beberapa cara untuk mengupdate Firmware dan Dasboard tersebut , salah satunya adalah dengan langkah-langkah sebagi berikut: 1). Modem XL-220 harus dihubungkan ke komputer dengan O/S Windows XP. 2) Connect ke internet (banyak situs yang menyediakan Firmware dan Dashboard Huawei E220 Vista berikut prosedur pemasangannya). Download Firmware dan Dashboard ke salah satu folder di W-XP. 3) Update Firmware dan Dashboard pada XL-E220 sesuai prosedur yang ada. 4) Cabut modem XL-E220 dari komputer W-XP dan hubungkan ke komputer W-Vista. 5) W Vista akan mendeteksi XL-220 dan secara otomatis (autorun) akan menginstall software yang diperlukan. 6) Set-up connection dengan meng-click pada Dashboard yang baru ( kalau dgn MTN Flah di clik pada icon bergambar roda gigi). Siap dah untuk selancar menggunakan XL-E220 dengan Windows Vista.

    Suharto Sastrowiyono
    e-mail: sastrow@centrin.net.id

  4. Saya juga punya barang yang sama (HUAWEI XL-220) dan sudah saya pakai semenjak beberapa bulan ini. Namun, ada hal yang aneh, modem ini tidak bisa saya pakai untuk membuka http://www.friendster.com. Dulunya sih bisa, tapi entah kenapa semenjak kurang lebih satu bulan lalu tidak bisa dipakai membuka situs itu lagi, padahal situs-situs yang lain bisa saya buka (kecuali yang di-ban pemerintah). Apakah anda mengalami hal yang sama? Kira-kira apa penyebabnya? Apa yang harus saya lakukan agar saya bisa kembali membuka friendster saya lewat modem ini? Terima kasih, dan saya mohon balasannya melalui email saya: adhi_wirawan90@hotmail.com

  5. malem..🙂
    ntu harga’y berapaan bang? tagihannya gede kaga?
    mulai syerem neh pke sepidi..gag sempet beli sepatu baru lagi huhuhu..

  6. ehh..rep ke email aku ya bang..makasihh sblm’y ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: