SURUHANJAYA

Dalam gerimis yang syahdu, mobil kami meluncur di jalan-jalan mulus, meninggalkan Kuala Lumpur yang macetnya tak jauh beda dengan Jakarta. Destination: Cyberjaya. Sejauh separuh perjalanan ke arah Kuala Lumpur International Airport.

Kompleks Cyberjaya ini terletak dalam Multimedia Super Corridor (MSC) yang merupakan sebuah projek prestisius yang dengan telanjang ingin menunjukkan bahwa Malaysia sadar sepenuhnya bahwa teknologi informasi dan multimedia adalah tulang punggung ekonomi utama di masa depan. Dan senyampang berkah ekonomi sedang melimpahi mereka, mereka bangunlah pusat industri dan TI ini.

Di dalam MSC terdapat Cyberjaya. Dan di dalam Cyberjaya terdapat MCMC, tujuan kami untuk hari itu.

MCMC adalah Malaysia Communications and Multimedia Commission. Dalam Bahasa Melayu, badan ini berjuluk Suruhanjaya Komunikasi dan Multimedia Malaysia (SKMM). Sebagai sebuah komisi (suruhanjaya) badan yang berdiri 1 November 1998 dan berada langsung di bawah Menteri ini bertanggungjawab meregulasi industri telekomunikasi, penyiaran, pos, dan content digital. 

Kantornya nyaman terutama karena tidak diganggu oleh kebisingan kota. Lingkungan Cyberjaya memang berada jauh di luar kota, menjadi kota mandiri. Namun, meski hening, sampai akhir tahun 2005, sekitar 326 perusahaan akan sudah beroperasi di sini, seperti: NTT, DHL, HSBC, Shell, BMW, EDS, Motorola, Ericsson, dan Nokia. Sedang sarana penunjang lain adalah: Multimedia University, Lim Kok Wing University College of Creative Technology, komplek perkantoran Century Square, Cyberview Lodge Resort and Spa, smart school, terminal, Cyberpark, dan Street Mall.

Gedung SKMM sendiri merupakan tempat yang nyaman. Cocok untuk memikirkan aturan hukum yang makin rumit karena teknologi yang harus diaturnya berlari begitu cepat. Dalam gedung ini terdapat perpustakaan yang tampak dipenuhi buku-buku tentang teknologi informasi, dan dikunjungi oleh mahasiswa dalam dan luar negeri. Dan di salah satu ruangnya terdapat seperangkat peralatan fitness bagi karyawan. Mens sana in corpore sano! Jiwa yang kuat terdapat dalam tubuh yang sehat. Aturan yang sehat terdapat dalam jiwa yang kuat juga.
 
***

Kita boleh iri dengan fasilitas yang dinikmati salah satu suruhanjaya di Malaysia tersebut. Kantor-kantor komisi di Tanah Air belum ada yang senyaman dan seelit SKMM. Namun praktik yang sering terjadi di sini adalah para anggota komisinya yang hidup elit bergelimang kenyamanan di rumahnya. Kantor boleh kumuh, tapi rumah bolehlah digelontor dengan kenyamanan dunia.

Kunjungan para wartawan ke SKMM ini difasilitasi oleh Natrindo dan Maxis Malaysia. Kedua operator ini sepertinya sangat mengharapkan agar pengaturan yang sehat sebagaimana berlaku di Malaysia juga dapat mereka nikmati ketika berbisnis di Indonesia nanti dengan 3G-nya.

Tahun sudah berganti lagi. Kita harap semakin tahun, para pemimpin semakin sadar bahwa teknologi informasi harus dikelola dengan benar, agar tak ada sesal akibat ketertinggalan dalam bidang ini, kelak. Semoga mereka disinyali oleh visi tersebut.

(Majalah Sinyal edisi 4/II, Januari 2006)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: