Revolusi dalam Fotografi

Nia Dinata: “Ponsel yang bisa merekam dengan durasi panjang begini sangat bermanfaat bagi para pemula yang tertarik bikin film. Mereka butuh alat untuk exercise, dan ini sangat cocok.”

Lola Amaria: “Sangat luwes, terutama ketika saya mendapatkan momen pada saat yang tak disangka-sangka. Contohnya ketika beberapa hari yang lalu langit senja di Jakarta cerah dan diliputi sinar lembayung. Saya segera men-shoot-nya.”

Rizal Mustari: “Ponsel berkamera megapixel ini merupakan impian buat para wartawan televisi seperti saya. Memang kualitasnya tidak sempurna, namun untuk ukuran breaking news, ini sudah mencukupi. Apalagi didukung dengan konektivitas yang mudah.”

Darwis Triadi: “Begitu mata dan hati kita menyatu, maka akan tercipta foto yang bagus. Tanpa musti perlu alat yang canggih. Dengan kamera ponsel 1,3 megapixel saya bisa mencetak sampai ukuran 20×30 centi. Ini revolusi dalam fotografi.”

Begitulah penuturan para praktisi dan pakar dunia imaging terhadap sebuah ponsel yang mampu mendukung perekaman video sampai 1 jam dan pemotretan 1,3 megapixel.

***

Jika di Indonesia model ponsel kamera megapixel yang ada di pasaran masih bisa dihitung dengan jari sendiri (Nokia 7610, 6670, 6630; Sony Ericsson S700i, Siemens S65, O2 XDA) maka di Korea model yang beredar harus dihitung bersama jari orang-orang lain.  Ada sekitar 43 model kamera megapixel yang saling sikut berebut pasar Korea.

Rinciannya adalah: 1Megapixel: 31 model, 2 Megapixel: 7 model, 3 Megapixel: 5 model. Korea International Trade Association juga memerkirakan bahwa pertumbuhan kamera digital akan menurun seiring dengan maraknya ponsel kamera. Pasar kamera digital yang tumbuh 40 persen tahun 2004 dengan penjualan 68,5 juta unit, akan tumbuh menjadi hanya 22 persen dengan penjualan 84,1 juta unit pada tahun 2005. 

Meriah, bukan?

(Majalah Sinyal edisi 4, Januari 2005)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: