Ponsel Butuh Otak

Setidaknya ada lima ciri utama keunikan ponsel yang membawa kepada kebutuhan untuk merancang sistem operasi ponsel secara khusus:

1. Ponsel itu kecil dan mobile. Sifat ini membuat ia menjadi tempat mengorganisasikan data dan informasi pemiliknya juga. Buntutnya, kebutuhan akan daya harus diatur juga.

2. Ponsel merupakan produk massal: sasaran pasarnya kalangan korporasi maupun perorangan. Ini membawa konsekuensi kebutuhan akan reliabilitas sistem

3. Ponsel bisa dikoneksikan dengan peranti dan jaringan lain. Konektivitas ini membutuhkan sistem operasi yang multitasking, kapabilitas komunikasi, kinerja yang real-time, dan mempunyai protokol komunikasi yang lengkap.

4. Pembuatnya butuh mendiferensiasikan produk dalam rangka berinovasi dan berkompetisi dalam pasar yang bergerak sangat cepat. Mekanisme input dan form factor yang berbeda memengaruhi penggunaan peranti. Dengan sekadar layar kecil dan keypad, umumnya ponsel hanya digunakan untuk voice. Dengan alat masukan berupa pen atau stylus, dimungkinkan penggunaan untuk browsing. Untuk memasukkan data dalam jumlah besar, keyboard dihadirkan. Perbedaan-perbedaan ini menjadikan antarmuka (user interface) harus dependen terhadap peranti dan pasar.

5. Platform harus terbuka untuk memungkinkan teknologi independen dan perusahaan peranti lunak lain mengembangkan aplikasi, teknologi, dan servis pihak ketiga

***

Kelima poin tersebut adalah alasan para pendukungnya sehingga Symbian perlu dikembangkan sebagai sistem operasi ponsel. Memang ponsel sudah berkembang sebegitu rupa sehingga membutuhkan sistem pendukung kecerdasan yang makin baik.

Selain Symbian, peranti lunak lainnya seperti Microsoft dan Linux juga mempunyai keunggulan-keunggulan yang pantas dijadikan alasan untuk adopsinya di jutaan ponsel di dunia ini. Mereka bertarung untuk sebuah hegemoni.

(Majalah Sinyal edisi 11/I, Agustus 2005)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: