Ponsel Ber-combo-combo

Combo. Konon, istilah ini merupakan slang dari kata combination. Jika ingin dirunut lebih jauh lagi, asalnya dari bahasa Latin combinare. Dalam bahasa Indonesia artinya adalah perpaduan atau kombinasi. Dua hal bercumbu. Dua hal ber-combo. Tak beda jauh.

Istilah ini kini lebih ngetop di dunia marketing. Segala macam hal dijual secara combo. Mulai dari fast food sampai kamera digital. Ada paket combo ayam goreng dengan kentang goreng. Ada kamera digital yang di-combo dengan MP3 player. Yang belum kepikir mungkin adalah meng-combo-kan ayam goreng dengan MP3 player. Atau combo antara combro dengan VW Combi.

Ponsel adalah sasaran “pengomboan” paling populer saat ini. Apa sih yang belum dikombinasikan dengan ponsel? Ada radio FM, ada kamera digital, ada lampu senter, ada konsol game, ada player musik.

Player musik. Ya, belakangan ini pencangkokan musik ke dalam ponsel men-tsunami, bukan sekadar membanjir lagi. Berbagai format file bisa dimainkan di dalam ponsel. MP3 masih merupakan format yang paling disukai, meski membutuhkan storage yang besar. Namun itu tak menjadi masalah, tak kurang akal produsen ponsel melengkapi produknya dengan harddisk bergigabyte-gigabyte.

Itulah mengapa Bill Gates, boss Microsoft, menengarai bahwa popularitas iPod yang saat ini memangsa dua per tiga pasar dunia akan dijegal oleh MP3 player yang di-combo pada ponsel.

(Majalah Sinyal edisi 9/I, Juni 2005)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: