Ganti Nama GPRS

“Ya… Selagi ada, selagi ada… Mumpung murah… Kartu perdana dari IM3… Sudah bisa GPRS… Bisa untuk main Internet…,” demikian teriak pengasong kartu perdana di gerbong kereta bisnis sesaat setelah melepaskan diri dari hiruk-pikuk stasiun Senen.

Pertama, mengesankan, jualan kartu perdana dan voucher kini sudah bukan dilakukan di tempat-tempat elit ber-AC. Pedagang asongan dan sektor informal lainnya sudah “turut bermain”.

Kedua, pertanyaan, apakah kartu yang dijajakan secara agak “sembarangan” itu bisa dipercaya? Mungkin jika berniat beli, paling tidak perlu dicermati expired date-nya.

Ketiga, yang paling mendalam impresinya, sepertinya tidak salah dengar bahwa dia menawarkan dagangannya dengan mengunggulkan fitur GPRS. Apakah dia sendiri tahu kegunaan GPRS? Basically, ya. Setidaknya dia tahu bahwa GPRS adalah untuk main Internet. Dan dia menganggap fitur GPRS itu menarik sehingga dijadikan selling point. Si pengasong juga menganggap bahwa pelanggan prospektifnya di gerbong itu akan membutuhkan GPRS.

***

Sukseskah GPRS? Kiranya operator juga susah menjawabnya. Tapi mungkin tak seperti target-target yang diharapkan. Bagi pelanggan, fitur ini masih dianggap cukup mahal ongkosnya dan susah menyetelnya.

Padahal, bagi yang benar-benar membutuhkan, nilai kegunaannya jauh lebih tinggi, bahkan priceless, dibanding ongkos yang harus dikeluarkan. Bayangkan, orang bisa mengakses informasi di Internet dari tempat-tempat yang tidak atau sulit terjangkau komputer dan kabel-kabel telepon. 

Oleh karena itu Katrina Bond, salah satu peneliti “Western European Mobile Forecasts and Analysis 2003-2008”, menganjurkan kepada para operator untuk membangun kesadaran pelanggan terhadap manfaat GPRS. Kalau mungkin, ganti nama-nama GPRS atau WAP atau istilah teknis lainnya dengan istilah atau nama-nama lain yang lebih mudah dan imaginatif.

Sepertinya Katrina benar.

(Majalah Sinyal edisi 7, April 2005)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: