CHER WANG

Cher Wang tidak pernah berhenti mengaitkan kesuksesan bisnisnya dengan kebajikan Tuhan. Dan karena dia menganut kepercayaan Kristen, maka sumber rujukan utama adalah Injil.

“Bagi saya, Injil adalah buku terbaik mengenai praktik manajemen,” tutur perempuan yang mengepalai sejulah perusahaan Taiwan termasuk perancang chip VIA Technologies dan pembuat peranti ponsel cerdas dan PDA ini.

Dan bagi bisnis teknologi tinggi yang bisa lahir dan mati dalam semalam, visi adalah sangat penting. “Dengan visi, kita tidak akan nyasar. Semua perusahaan teknologi tinggi harus visioner. Tanpanya, kita tidak akan berhasil,” lanjutnya.

Perempuan berusia sekitar 50-an tahun ini adalah Putri dari Y.C. Wang, seorang pengusaha petrokimia yang juga salah satu orang terkaya di Taiwan. Namun ia tidak berpuas diri dan bersantai-santai di pantai-pantai. Meski nyaris buta akan urusan teknologi komputer, perempuan ini malah menambahkan suntikan modal bagi perusahaannya agar bisa lebih perform dalam hal desain dan kapabilitas produksi. Padahal produk-produk HTC yang didirikannya pada tahun 1997 tidak mendapat respons pasar dengan memadai.

Usahanya tak sia-sia. Pada tahun 2000 mereka mendapatkan kontrak untuk membuat iPAQ yang waktu itu masih milik Compaq.

HTC terus merangsek. Tahun lali, penjualan mereka membubung sebanyak 67% menjadi 1,6 milyar dolar AS. Sekarang ini ia menjadi saham paling menarik di bursa saham Taiwan.

Demikian China Daily, 19 Desember 2005.

***

Hari-hari ini, tercermin dalam rubrik tinjauan produk kami, pasar PDA di Tanah Air memunyai primadona-primadona baru. Mereka adalah Dopod dan O2. Di luar sana, masih banyak produk-produk yang rancangannya sama persis, dan kelak diberi nama jual masing-masing seperti: Dell, Fujitsu-Siemens, i-Mate, Krome.

Gelontoran ini merupakan fenomena menarik karena produsennya adalah satu: HTC dari Taiwan. Bahkan di Tanah Air lebih menarik karena masuk dalam secara resmi dua merek sekaligus. Belum lagi nanti pasti ada pula versi BM-nya.

Dengan demikian, tampaknya ada sinyal bahwa tahun-tahun mendatang adalah tahun-tahun PDA-phone. Dengan demikian, PDA yang baru-baru kelak kemungkinan besar bias digunakan sekaligus untuk menelepon dan akses Internet. Dengan demikian, PDA juga akan merasakan sentuhan lembut sinyal telepon. Dengan demikian, kami juga akan menyinyali PDA, dan juga Anda sekalian. Dengan demikian kami akan tetap menjadi teman, meski Anda terus mobile dengan PDA. Teman Tapi Mobile (TTM)!

(Majalah Siinyal edisi 5/II, Februari 2006)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: