The Art of Mobile Phone

Seorang wanita sedang duduk di deretan bangku di sebuah gedung konser. Mendengarkan dengan takzim alunan aria dari sebuah debut kelompok simfoni. Tiba-tiba ponselnya berdering. Pada saat yang sama, lampu sorot mengarah kepadanya. Celaka? Malu? Mengganggu? Salah tingkah?

Tidak! Justru itu adalah bagian dari konser. Lho?!

Adalah Golan Levin dari New York yang punya gawe. Seniman ini menggelar konser bertajuk “Dialtone” di Ars Electronica Festival di Linz Austria, tahun 2001 lalu. Dari panggung, Levin dan teman-teman secara bersamaan menelepon ke ponsel para audiens. Nah, ketika ponsel mereka berbunyi, sontak lampu sorot mengarah ke mereka, dan mimik wajahnya bisa dilihat di cermin raksasa di atas panggung (Jeff Goldman, www.thefeature.com).

 ***

“Vendor Ponsel adalah Desainer”. Karya vendor ponsel, baik yang mass-production maupun limited edition adalah barang seni. Semua orang menggunakannya untuk bergaya, selain berkomunikasi.

Indonesia adalah bagian dari negeri yang juga berseni-seni. Indonesia juga konsumen barang seni terkemuka dunia, meski katanya sedang jatuh miskin. Ketika ponsel makin berseni dan bergengsi, masyarakat Indonesia menghargainya tinggi-tinggi.

“Barang seni”, “barang bergengsi” Smartphone Nokia 9500 Communicator mengambil tempat peluncuran perdana di Indonesia! Perdana di seluruh dunia! Padahal harganya 9,5 juta! Di pasaran hari pertama malah sempat melonjak menjadi 15 juta!

Mereka yang tidak mempunyai duit nganggur sejumlah itu hanya bisa gigit jari. Yang lain tetap menantikannya seraya menunggu harganya normal kembali. All I want for Christmas is 9500!

(Majalah Sinyal edisi 3, Desember 2004)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: