3G Or Not 3G?

Pertanyaan itu mungkin seharusnya ditanyakan beberapa tahun lalu. Namun di kalangan masyarakat sekarang ini justru pertanyaan itulah yang sedang menggantung bagai mendung yang membuncahkan seribu tanda tanya akan datangnya hujan. Ya, karena mendung tak berarti hujan.

Padahal sekarang ini kondisinya sudah tak memungkinkan lagi untuk mundur dari 3G. Lisensi 3G sudah diberikan kepada beberapa perusahaan, yang sayangnya bukan operator yang menunjukkan tanda-tanda berpengalaman pada industri seluler, apalagi 3G. Operator incumbent yang berpengalaman dan punya duit justru dibiarkan gigit jari sambil terus mengemis lisensi.

“Frekuensi 3G” malah sudah dibagi-bagi jauh-jauh hari, mungkin tanpa banyak disadari.

***

Seperti ditulis pakar telekomunikasi Onno W. Purbo di Kompas, 4 April 2005, ada beberapa operator sudah beroperasi dan memperoleh tambahan frekuensi 3G setelah operasi, yaitu Telkom (FWA TelkomFlexi CDMA 1X 1,9 GHz) dan Indosat (FWA StarOne CDMA 1X 1,9 GHz) tahun 2002. Sedangkan NTS di 2 GHz tahun 2004. Tahun 2000, TelkomSel, Excelcom, dan Indosat memperoleh 1,8 GHz. Tahun 2004, Excelcom memperoleh tambahan untuk TDD di 2 GHz.

Ada pula perusahaan yang sudah mendapatkan lisensi dan frekuensi 3G, tetapi belum beroperasi, yaitu WIN (1,9 GHz), Primasel (1,9 GHz), dan termasuk CAC (2 GHz). Beberapa catatan tambahan, WIN memperoleh lisensi komunikasi data (bukan seluler) dan frekuensi 3G di tahun 2001. Primasel memperoleh lisensi seluler dan frekuensi 3G di tahun 2004. Sedangkan CAC memperoleh lisensi seluler dan frekuensi 3G di tahun 2003.

Jadi boleh dibilang, kita sudah ber-3G-ria. Apalagi kalau kita alihkan perhatian ke jagad CDMA yang teknologi CDMA 2000 1x-nya sudah masuk generasi ketiga. Sedang 3G versi GSM memang masih menjadi mimpi indah.

(Majalah Sinyal edisi 8/I, Mei 2005)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: