3

3GP adalah kependekan dari 3rd Generation Partnership Project, merupakan standar format file untuk video yang memungkinkan diputar di ponsel. Standar ini mulai diupayakan untuk digunakan secara luas di dunia terutama dalam pembuatan, pengiriman, dan pemutaran multimedia melalui teknologi 3G, sesuai namanya.
Agreement untuk berpartner ini mulai muncul Desember 1998 dan diformalkan dengan mendatangani “The 3rd Generation Partnership Project Agreement”. Anggota-anggotanya adalah badan-badan telekomunikasi seperti ARIB, CCSA, ETSI, ATIS, TTA, and TTC.

Format ini merupakan penyederhanaan dari format MPEG-4. keunggulannya adalah kebutuhan akan ruang simpan yang kecil karena file-nya memang menjadi kecil. Dampaknya, transfer melalui teknologi seluler juga meghemat bandwidth.
Ponsel-ponsel multimedia sudah banyak mengadopsi format ini. Contohnya adalah pada ponsel yang digunakan oleh Maria Eva untuk merekam adegan hot-nya melawan anggota DPR Yahya Zaini. Klip video ini segera beredar luas terutama melalui transfer dari satu ponsel ke ponsel lainnya.

***

Teknologi 3G di Tanah Air juga memasuki babak baru karena Indosat yang ditunggu-tunggu kini sudah melengkapi operator incumbent yang mengoperasikan layanan 3G. Sudah ada 3 operator yang kini sudah melayani 3G.

***

Hari-hari ini, jika segala sesuatu berjalan sesuai rencana, kita juga akan mengucapkan selamat datang pada operator baru. Operator baru tersebut diharapkan menggelar layanan 3G karena mendapat hak paling dulu untuk itu, namun layanan 2G juga bakal digelar. Dan operator itu juga akan menggunakan nama 3, sebagai nama dagang dari perusahannya, yaitu Hutchison.

(Tabloid Sinyal edisi 06/III, Desember 2006)

One Response

  1. mantap juga biar ditonton timbang nyewa CD he he he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: